Kurikulum

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Mekanisme Pengembangan Kurikulum

  1. Pengembangan kurikulum SD Marsudirini St Yoseph Muntilan melibatkan Kepala Sekolah, Guru Kelas, Guru Mata Pelajaran dan Komite Sekolah serta Instansi UPT Disdikbud Kecamatan Muntilan.
  2. Melaksanakan workshop pengembangan kurikulum dengan melibatkan pengawas TK/SD sebagai nara sumber kegiatan.
  3. Mereviu dan merevisi Kurikulum Tahun Pelajaran sebelumnya.
  4. Finalisasi kurikulum SD Marsudirini St Yoseph Muntilan
  5. Melaksanakan kegiatan pemantapan dan penilaian atau telaah kurikulum dengan instrumen yang baku.
  6. Tim pengembang mendokumentasikan pengembangan kurikulum.

Sistem Pendidikan di SD Marsudirini St Yoseph Muntilan

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Kewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum memungkinkan SD Marsudirini St Yoseph membuat kurikulum sesuai dengan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi sekolah.

  1. Peserta didik di SD Marsudirini St Yoseph memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan dalam SKL.
  2. Peserta didik menunjukkan sikap yang di sekolah dan di tengah masyarakat luas, serta memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan perhatian kepada orang lain.
  3. Kurikulum SD Marsudirini St Yoseph disusun dan dikembangkan sesuai dengan permendikbud no 61 tahum 2014 dengan mempertimbangkan karakteristik daerag, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran dalam silabus setiap mata pelajaran tetapi masih perlu memerlukan pengembangan lebih lanjut.
  4. Struktur kurikulum SD Marsudirini St Yoseph telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan kepelajaran berikutnya.
  5. SD Marsudirini St Yoseph sudah menyediakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik yang sesuai dengan minat.

Ketentuan Umum

Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan. Permulaan waktu pelajaran di setiap pendidikan dimulai pada setiap awal tahun pelajaran.

Untuk pengaturan waktu belajar efektif, minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran di luar waktu libur untuk setiap tahun pembelajaran pada setiap satuan pendidikan. Sedangkan waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu.