Ikuti BIAS untuk Sehat di SD Marsudirini St Yoseph Muntilan

Meski kondisi pandemi covid 19 belum berakhir, SD Marsudirini St Yoseph Muntilan tetap melaksanakan kegiatan BIAS sesuai protokol kesehatan, guna menjaga imunitas anak.

Pagi nan cerah, matahari menyembul dari ufuk timur.  Di sekolah SD Marsudirini St. Yoseph mulai ada kesibukan. Nampak beberapa orang lalu lalang mempersiapkan sesuatu.  Pak Tiyok, Mas Rama, Bu Umi, semua cekatan membersihkan teras dan halaman sekolah. Suster  Theodorine nampak sibuk merapikan segala sesuatu dari pagi. Beliau selalu teliti dan telaten mempersiapkan sesuatu dengan benar.  Tandon air untuk cuci tangan dan perlengkapannya  pun sudah tersedia di pintu gerbang masuk sekolah. Pak Andro dan Pak Yudi memutarkan lagu untuk anak-anak  dengan irama yang ceria. Pak Heri dan Pak Pri siap dengan thermogun di tangan. Nampak juga beberapa guru yang lain ikut membantu.  Ada apa ya?

Waaah… ternyata hari ini adalah hari pelaksanaan BIAS di SD Marsudirini St. Yoseph Muntilan. Dalam rangka meningkatkan imunitas anak, pemerintah telah melayangkan surat ke sekolah agar melaksanakan BIAS bagi kelas I pada tanggal 28 Agustus 2020. Hal yang sangat penting ini tentu memerlukan persiapan yang baik. Tidaklah mengherankan apabila semuanya ikut terlibat mempersiapkan segala sesuatu, sehingga pelaksanaan BIAS berjalan dengan baik dan lancar.

Sekitar pukul 08.00 tenaga kesehatan dari puskesmas datang. Beliau adalah Ibu Azmi Hikmah dan Ibu Agustiningrum. Mereka disambut oleh Sr. Theodorine dan Bu Jois selaku penanggung jawab UKS. Tak lupa, Bu Umi sudah menyediakan minuman dan makanan ringan untuk mereka. Setelah segala sesuatu siap, para tenaga medis bersiap di ruang transit 2, yaitu di kelas IB dan IVB.

Tidak menunggu terlalu lama, sekitar pukul 08.30 orang tua siswa mulai berdatangan.  Mereka di sambut oleh Pak Pri, Pak Andro, Pak Heri dan Ibu Dewanti untuk pemeriksaan suhu tubuh dan cuci tangan dengan benar. Pelaksanaan penyuntikan BIAS memang sangat memperhatikan protokol kesehatan. Mereka kemudian diantar ke ruang transit 1 yaitu ruang kelas IA dan  ruang kelas IVB untuk persiapan.  Langkah selanjutnya, siswa diantar ke ruang penyuntikan. Siswa bersama orang tua datang secara bergantian. Kelas IA dan Kelas IB Nomor absen 1 sampai 6 dijadwalkan datang pada pukul 08.30 dan selesai pada pukul 09.00. Selanjutnya siswa bersama dengan orang tua dengan nomor absen 7 sampai dengan 12 datang pukul 09.00 dan selesai pada pukul 09.30. Terakhir adalah siswa dan orang tua dengan nomor absen 13 sampai dengan 17 datang pada pukul 09.30 dan selesai pada pukul 10.00.

Setelah selesai penyuntikkan siswa dan orang tua diantar menuju ruang transit 3 yaitu ruang kelas IIA dan ruang kelas IVB untuk pemulihan. Di ruangan ini anak-anak beristirahat selama 15-30 menit sambil menunggu efek imunisasi. Setelah semuanya dirasa aman, mereka pulang. Anak-anak mendapatkan makanan kecil  dari sekolah dan perangkat kebersihan dari puskesmas.

Jumlah siswa yang melaksanakan imunisasi sebanyak 34 siswa. Semua berjalan dengan lancar. Anak-anak sangat bersemangat dan tidak rewel. Mereka sungguh anak-anak yang hebat. Segala sesuatu yang dilaksanakan dengan persiapan yang baik, akan berhasil dengan baik. Ke depan kita terus belajar dan belajar untuk menjadi sekolah yang semakin baik dari waktu ke waktu. (Lucia Wiwik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.