SEKILAS INFO
07-05-2021
  • 1 minggu yang lalu / Ujian pemetaan mutu (kelas VI) tanggal 26-28 April 2021
  • 1 bulan yang lalu / PPDB ONLINE Tahun Pelajaran 2021-2022 SD MARSUDIRINI ST. YOSEPH MUNTILAN Telah Dibuka
24
Apr 2021
0
Mematahkan Belenggu Tradisi

Raden Ajeng Kartini , siapakah Dia? 

Sebagai orang Indonesia, nama itu tidaklah asing. Mari kita mengenal  Beliau. Raden Ajeng Kartini atau biasa di sebut R. A. Kartini adalah seorang Seorang wanita bangsawan yang terkungkung pada jamannya. Beliau adalah Putri Bupati Jepara, Raden Mas Sosroningrat dan Ibunya M. A. Ngasirah, seorang putri Guru agama di Jepara. Kartini adalah wanita cerdas. Beliau merasakan ketimpangan sosial antara lelaki dan perempuan  di kala itu. Sudah menjadi budaya turun temurun perempuan hanya dianggap sebagai “Konco wingking”, pasif menjalani alur hidup. Kartini mengidamkan adanya persamaan derajat laki-laki dan perempuan. Dia ingin menunjukkan bahwa perempuan bisa berperan lebih dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama dalam bidang pendidikan. Perempuan dapat menentukan pilihan hidup dan sekolah setinggi-tingginya.

Pada jamannya, hanya perempuan bangsawan yang boleh bersekolah. Kartini beruntung dapat memperoleh pendidikan di ELS(Europes Lagere School),  sekolah bergengsi pada Jaman Hindia Belanda. Kartini sangat menyukai kegiatan belajar Bahasa Belanda. Sayangnya karena tradisi, saat berusia 12 tahun Kartini harus tinggal di rumah sampai menikah. Beliau menikah dengan Seorang bangsawan Rembang bernama KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat.

Kartini tak mau mengurung diri. Dia memanfaatkan waktu untuk belajar, membaca dan menulis surat kepada teman-temannya yang berasal dari Belanda. Salah satu temannya bernama Rosa Abendanon menjadi corongnya dalam berpendapat. Tulisan Kartini dimuat dalam Majalah perempuan Belanda bernama De Hoandsche Lelie. Dalam surat yang ditulisnya, tersirat keprihatinan nasib orang Indonesia di bawah kondisi pemerintahan kolonial dan peran yang terbatas bagi perempuan Indonesia. Karena jasa Beliau, Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Naaah… itulah Raden Ajeng Kartini yang sangat berjasa bagi Bangsa Indonesia pada umumnya dan bagi Perempuan Indonesia khususnya. Untuk menghormati  dan mengenang Beliau, maka setiap tanggal 21 April yang merupakan hari lahir R. A. Kartini diperingati sebagai Hari Kartini. 

Perayaan hari Kartini di SD Marsudirini St Yoseph Muntilan

Pada perayaan Hari Kartini tanggal 21 April 2021, SD Marsudirini St Yoseph Muntilan melaksanakan perayaan secara virtual karena pandemi. kelas I dan kelas II mengadakan kegiatan dengan tema “Aku Bisa Jadi Hebat di Masa Pandemi”. Kegiatan tersebut yaitu : merangkai bunga kebun/dedauan/sayuran/buah.  Menghias makanan (atau plating) menu bebas. Merias diri (misalnya merias wajah, menata rambut, dsb). Kegiatan tersebut dilakukan bersama orang tua. Kemudian hasilnya difoto dan dibuat secara kolase.  Peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Mereka mengirrimkan foto hasil karya lengkap dengan menggunakan pakaian adat.

Sedangkan untuk kelas III, IV, V dan VI peringatan Hari Kartini dilaksanakan mixing (bersamaan) dengan kegiatan virtual Pramuka. Pada kesempatan ini diangkat materi tentang Hari Besar (Agama, Nasional, Internasional). Acara dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 April 2021 pukul 10.00 WIB. Dresscode peserta didik pakaian adat ataupun batik. Kelas III sampai dengan kelas VI kegiatan virtual bersama Kak Yudi, Kak Pri, Kak Arma, Kak Titin, Kak Klara dan Kak Rani.

Kegiatan virtual untuk kelas III sampai dengan kelas VI meliputi acara pembuka oleh Kak Pri dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh Kak Andro. Selanjutnya menyanyikan lagu Hymne Pramuka oleh Kak Titin. Materi Hari-hari Besar oleh Kak Arma, disambung pentas virtual yang dipandu oleh Kak Rani. Ditampilkan juga film animasi pendek yang dipandu oleh Kak Yudi sebagai operator sekaligus pelaksanaan kuis. Kak Clara memimpin anak-anak menyanyikan lagu Ibu Kita kartini. Acara ditutup dengan doa penutup oleh Kak Rani. 

Walaupun terjadi sedikit kendala dikarenakan sinyal yang terganggu, namun acara dapat terlaksana dengan baik. Anak-anak sangat antusias mengikuti acara ini. Apalagi Sr. M. Anastasia, OSF juga ikut bergabung dalam acara ini. Mari kita sebagai generasi muda Indonesia, meneladan R. A. Kartini yang tidak mudah menyerah dengan keadaan, sekuat tenaga berjuang sampai akhir. Penasaran dengan kegiatan mereka? Yuks, kita simak keseruan mereka!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat

SD MARSUDIRINI ST YOSEPH MUNTILAN

Jalan Kartini no 14-16 Muntilan, Magelang 56411

Tlp : (0293) 585229

Email : sdstyosephmtl@gmail.com

Pengumuman

Semarak Hari Kartini

Perayaan Paskah SD Marsudirini St. Yoseph

Webinar Parenting