PAS di Masa Pandemi

Tepat Waktu, Mandiri, dan Jujur, menjadi acuan dalam PAS tahun ini.

Pandemi covid-19 mengakibatkan beberapa perubahan dalam kehidupan, salah satunya di bidang pendidikan. Mulai dari proses pembelajaran tatap muka beralih kepembelajaran jarak jauh (PJJ), dan penilaian hasil belajar yang juga tidak secara langsung tapi melalui media perantara. Seperti pada saat ini, para siswa SD Marsudirini St. Yoseph Muntilan tengah menempuh Penilaian Akhir Semeter (PAS) yang dilaksanakan mulai hari Senin, 30 November sampai Sabtu, 5 Desember 2020.

            Seperti gerakan Merdeka Belajar yang dicetuskan oleh Bapak Menteri Nadiem selaku Menteri Pendidikan Indonesia, Kepala Sekolahkami pun, Sr. M. Theodorine, OSF memberikan kebebasan bagi kami para guru dalam hal menentukan bentuk soal yang akan diujikan kepada anak-anak, mulai dari soal PG, Isian, Uraian, Benar Salah, menjodohkan, dsb. Teknik pengiriman soal kepada siswa ada yang menggunakan WA Grub kelas, maupun melalui Microsoft Teams. Soal yang diberikan ada yang dalam bentuk file pdf dan ada pula yang dalam bentuk Microsoft form.

            Meskipun kami tidak bisa mengontrol keberadaan para siswa secara penuh, tetapi kami bekerja sama dengan orang tua untuk bias ikut mendampingi sebagai pengawas dalam hal kejujuran saat mengerjakan soal. Kedisiplinan dalam mengerjakan juga kami perhatikan, misalnya saja dengan cara kami mengirimkan soal pada hari dan jam sesuai jadwal PAS, begitu juga siswa juga mengirimkan jawaban sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

            Kami tidak henti-hentinya memberikan semangat kepada para siswa untuk bias menjalani PJJ ini. Berusaha untuk sungguh-sungguh memaham ikondisi saat ini sehingga kami semua terus berusaha untuk bias menjalani tugas dan tanggung jawab kami masing-masing, terkhusus dalam masa PAS ini kami mengajak anak-anak, khususnya para siswa SD Marsudirini St. Yoseph Muntilan untuk menjalani PJJ dengan semangat dan mengutamakan nilai kejujuran, kedisiplinan, dan ketelitian.  (Armawan dan Priyantoko)

23 thoughts on “PAS di Masa Pandemi

  1. Semoga pandemi ini cepat berlalu agar kami bisa belajar tatap muka di sekolah SD Marsudirini dan semoga bapak,ibu guru,ayah,mama semangat dalam mendampingi dan mendidik kami.Semoga kami selalu diberi kesehatan sehingga terhindar dari segala penyakit.Salam sehat.Berkah dalem.

  2. Semoga di masa yang akan datang SD.Marsudirini Muntilan semakin berhasil mengembangkan bakat dan minat anak-anak untuk terus maju meraih prestasi.

  3. Semoga dengan PEMBELAJARAN JARAK JAUH ini kami juga lebih bisa memahami materi yg telah di berikan oleh guru

  4. Walaupun PAS tahun ini secara online aku tetap jujur waktu mengerjakan PAS semoga nilaiku bagus dan tahun depan sudah bisa masuk sekolah semoga SD Marsudirini semakin maju dalam perkembangan teknologi nya .

  5. Semoga pandemi virus covid 19 cepat berlalu dan bisa melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah SD Marsudirini St Yoseph, serta bisa memudahkan dalam belajar.

  6. Dengan cara Belajar Jarak Jauh / PJJ memang benar orang tua ikut serta mengawasi di dalam siswa untuk mengerjakan materi pembelajaran dari sekolah secara jujur dan disiplin sehingga meskipun PJJ itu di lakukan di rumah anak – anak berdisiplin dan jujur di dalam mengerjakan tugas dengan demikian anak – anak di latih kemandirian untuk mengerjakan soal dengan pengawasan orang tua

  7. Adanya pandemi covid 19 mengharuskan belajar secara daring sehingga agak kesulitan dalam memahami pelajaran, jadi PAS harus ekstra belajar meskipun ada yang belum faham

  8. Dalam masa pandemi ini dibutuhkan kerjasama antara orang tua dan pihak sekolah,tujuan utamanya adalah menyelamatkan kita semua dari covid 19.semua yang dilakukan di SD Marsudirini St Yoseph Muntilan dalam rangka belajar online sudah tepat. semoga kita semua dilindungi Tuhan, Berkah Dalem

  9. Kelebihan pjj kita mengurangi resiko tertular wabah covid 19

    Saat kita perlu beradaptasi dengan pembelajaran dengan sistem pjj.
    Dan memupuk kesadaran siswa untuk terus belajar, dengan bimbingan para Guru Dan pengawasan orang tua
    #Salamsehat#

  10. PAS dimana pandemi ,ujian di Rumah terkadang org tua tidak bisa mendampingi dan ,terkendala oleh siyal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.