SD Marsudirini St. Yoseph Memasuki Masa Prapaskah

Masa prapaskah dimulai dengan perayaan Hari Rabu Abu. Lalu dilanjutkan dengan berpuasa dan pantang. Tepatnya selama 40 hari kita diajak untuk mempersiapkan diri dengan tekun dan baik  sebagai kesempatan berharga memasuki  puncak karya penyelamatan Tuhan Yesus Kristus dalam perayaan agung paskah. 

Karena adanya pandemi Covid 19, dan kita semua masih harus dalam protokol kesehatan, maka penerimaan abu kali ini tidak seperti biasanya di dahi kita secara langsung. Ada yang menggunakan kapas dibasahi lalu disentuhkan ke abu kemudian dioles membentuk salib di dahi atau dengan menaburkan abu di atas kepala umat. Semua ini tidak lepas karenakepedulian gereja untuk ikut andil dalam pemutusan pandemi covid 19. Kita sungguh bersyukur dalam keadaan apapun gereja senantiasa memfasilitasi kita untuk terus bertumbuh imannya. 

Abu merupakan lambang kerapuhan, kehinaan dan ketidak berdayaan kita di mata Tuhan. Abu atau debu pasti akan kita kebaskan dari pakaian atau kaki kita. Kita tidak mau abu atau ada di badan kita, kita selalu menyingkiri abu.  Dengan menyadari bahwa kita bukanlah apa-apa, maka kita membuka kesadaran diri akan dosa kita di hadapan Allah atau sesama dengan bertobat.

Tema APP kita tahun 2021 ini, yaitu “Bertumbuh dalam Kristus, Berbuah dalam Hidup” Masa prapaskah ini kita semua diajak membina pertobatan, membuka hati untuk mensyukuri rahmat belas kasih Allah dan bertumbuh dalam kesucian melalui keutamaan keutamaan dalam hidup. Semoga kita dimampukan untuk menghayati dan mewujudkan kepedulian serta solidaritas Allah sendiri kepada seluruh umatNya.

Selamat menjalani masa Puasa dan Pantang, semoga kita semua dalam lindungan Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.