LITERASI DIGITAL

Literasi merupakan salah satu kegiatan pembiasaan yang dilakukan di SD Marsudirini St Yoseph Muntilan. Sebelum pandemi covid 19 muncul, setiap hari Selasa dan Kamis sebelum memulai pembelajaran peserta didik berliterasi bersama selama 15 menit di kelas masing-masing. Namun, pandemi ini membuat beberapa kegiatan dilaksanakan secara berbeda, demikian juga pembiasaan literasi.

Salah satu kegiatan literasi SD Marsudirini St. Yoseph Muntilan dilaksanakan setelah menyelesaikan semester gasal pada tahun pelajaran 2020/2021. Jeda waktu sesudah Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal digunakan oleh peserta didik kelas II SD Marsudirini St. Yoseph khususnya untuk melakukan berbagai kegiatan pengembangan keterampilan, salah satunya adalah melalui literasi digital.
Literasi Digital merupakan pengetahuan atau kecakapan menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, serta jaringan sehingga dapat menemukan informasi yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari dan membina komunikasi seseorang. (lih. wikipedia.org)
Kegiatan literasi digital kelas II SD Marsudirini St. Yoseph dilaksanakan dengan berbagai cara. Peserta didik menyaksikan video dari media online Youtube, serta mencari sumber bacaan dari artikel di internet. Sesudah peserta didik menyaksikan tayangan atau membaca artikel, guru kelas mengirimkan tautan berupa formulir online sebagai sarana menuangkan pesan-pesan yang diperoleh setelah melaksanakan literasi. Pengisian formulir online oleh anak dilakukan untuk membina kemampuan berkomunikasi secara tertulis.
Melalui literasi digital ini, diharapkan peserta didik SD Marsudirini St. Yoseph siap mengikuti perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang semakin maju serta memiliki kecakapan berkomunikasi yang baik ke depannya. (Chrisna Murti Irawan, Theresia Ari Kundari.)

1 thought on “LITERASI DIGITAL

  1. Dengan literasi digital membuat anak terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara tertulis. Membiasakan anak untuk suka budaya membaca supaya cakap berkomunikasi kedepannya. Belajar menggunakan media internet, YouTube, akan menyenangkan karena lebih bervariasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.