SEKILAS INFO
07-05-2021
  • 1 minggu yang lalu / Ujian pemetaan mutu (kelas VI) tanggal 26-28 April 2021
  • 1 bulan yang lalu / PPDB ONLINE Tahun Pelajaran 2021-2022 SD MARSUDIRINI ST. YOSEPH MUNTILAN Telah Dibuka
6
Mei 2020
0
Bersama Kami Bisa (Outing Class III dan IV)

Proses belajar adalah proses yang berlangsung seumur hidup dan dapat dilaksanakan dimana saja. Proses belajar di SD Marsudirini tidak hanya dilaksanakan di dalam ruang kelas, melainkan juga di luar kelas. Outing Class merupakan sarana belajar yang menyenangkan yang dilaksanakan di luar kelas. Outing Class menjadi sarana bagi para siswa untuk menambah pengetahuan, merangsang kreatifitas, meningkatkan kecintaan dan kepedulian terhadap alam, serta membentuk kedekatan personal antara siswa dengan guru.

Kegiatan Outing Class yang dilaksanakan oleh siswa-siswi kelas III dan IV dilaksanakan di Tempat outbond Dolan Desa Boro Dusun Banjarasri, Kec. Kalibawang, DIY. Kegiatan outing dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 5 Maret 2020. Kegiatan dimulai pukul 07.30 dimulai perjalanan dari SD Marsudirini St. Yoseph menuju Boro, Kulon Progo. Kegiatan ini diikuti oleh 65 peserta didik.

Pada kegiatan awal ini para siswa dikumpulkan di lapangan lalu dilanjutkan dengan perkenalan oleh tim pendamping dari Dolan Desa. Selanjutnya para siswa diajak pemanasan dan kegiatan bernyanyi. Para siswa juga melakukan permainan yang selanjutnya dibentuk kelompok kecil. Setiap kelompok berjumlah 10-11 anak dengan didampingi masing-masing 2 pendamping dari tim. Tiap kelompok menentukan nama kelompoknya sendiri. Ada kelompok pinguin, kerbau, banteng, panda,dll.

Beberapa rangkaian kegiatan dilaksanakan selama outing class tersebut yang meliputi :

  1. Bermain estafet karpet : Dua kelompok bertanding di tempat yang disediakan untuk memindahkan karpet dari belakang ke ujung depan. Kelompok yang menang ditentukan oleh yang paling cepat memecahkan air dari kantong plastik. Dari permainan ini anak-anak diajak untuk meningkatkan kekompakan dan kerjasama.
  2. Bermain estafet pipa bertali : Pada permainan ini dua kelompok beradu kecepatan untuk memindahkan pipa bertali. Namun setiap kelompok dibagi menjadi 3 kelompok lebih kecil untuk menganngkat sebuah pipa bertali dan dipindahkan ke kelompok lain. Permainan ini mengasah kerjasama dan kekompakan dari tim.
  3. Mengenal rempah-rempah : Pendamping membawa beberapa cup kecil berisi rempah-rempah. Sebelumnya pendamping memberikan penjelasan singkat mengenai gunanya tanaman rempah. Kemudian pendamping menunjukkan tanaman rempah satu persatu dan siswa diminta menyebutkan namanya dan khasiatnya. Macam rempah yang digunakan: jahe, kencur, kunyit, lengkuas, daun salam, kayu manis, dan daun jeruk.
  4. Membajak sawah : Tim menyediakan 2 kerbau besar yang disiapkan untuk membajak sawah. Sebelumnya pendamping menyampaikan tujuan dari pembajakan adalah untuk mengubah posisi tanah supaya gembur dan siap untuk ditanami padi. Dua anak didampingi oleh pak tani secara bergantian untuk membajak sawah.
  5. Nandur Padi (menanam padi) : Setiap anak diberikan beberapa bibit padi dan diberi pengarahan terlebih dahulu cara untuk menanam padi yang benar, yakni menanam dengan ditata mundur. Anak-anak sangat gembira saat menanam padi. Selesai menanam padi anak-anak diminta membersihkan lumpur di parit. Pendamping memberikan ulasan bahwa kita harus bersyukur atas jasa pak tani dalam menanam padi. Anak-anak diminta berjanji untuk menghabiskan makanan mereka.
  6. Permainan tiup bola : Dua kelompok beradu kecepatan dan kekompakan dalam memindahkan air dari gelas yang satu ke gelas sebelahnya. Setiap anak mengambil air dan memasukkan ke dalam gelas dan meniup bola kecil dari gelas yang satu ke gelas yang lain. Kelompok yang mampu meniup sampai ujung terlebih dahulu adalah yang memenangkan permainan.
  7. Permainan Pinball : Dua kelompok bertanding untuk menggeserkan bola dari ujung A ke ujung B dengan melalui hambatan lubang yang ada. Setiap anak memegang lagi untuk menentukan arah papan yang akan dilalui bola. Anak-anak sangat antusias dalam memindahkan bola tersebut.
  8. Bermain bola karet di kolam dan perahu kecil : Sebuah perahu kecil diperbolehkan untuk digunakan 2 orang untuk berlatih mendayung. Sebuah bola karet digunakan seorang anak untuk bermaian di kolam. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan rasa cinta terhadap alam.
  9. Menyeberangi kolam melalui jembatan goyang : setiap anak bergantian melewati atas kolam melalui jembatan goyang yang alasnya terbuat dari kayu dan pegangannya terbuat dari tali yang kuat. Permainan ini melatih keseimbangan dan keberanian.
  10. Melintasi jembatan bambu : setiap anak secara bergantian melewati seruas bambu besar di atas kolam dengan cara menegakkan badan dan tangan telentang di samping badan. Siswa yang kurang seimbang tentu akan terjatuh ke kolam.

Sebagai kegiatan akhir setiap anak membersihkan diri dengan mandi sendiri di tempat yang disediakan. Kemudian semua anak dan pendamping menyantap makan siang bersama di pendopo. Kemudian acara dilanjutkan dengan foro bersama dan sayonara kembali ke sekolah. Diharapkan kebahagiaan yang tercipta dalam outing class ini akan selalu ada yang menjadikan semangat belajar bersama teman-teman.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat

SD MARSUDIRINI ST YOSEPH MUNTILAN

Jalan Kartini no 14-16 Muntilan, Magelang 56411

Tlp : (0293) 585229

Email : sdstyosephmtl@gmail.com

Pengumuman

Semarak Hari Kartini

Perayaan Paskah SD Marsudirini St. Yoseph

Webinar Parenting